Search This Blog

Friday, October 13, 2006

Harga-Menghargai

Suatu malam gue nebeng pulang ke rumah dengan seorang teman.. naik motor.. it is not the first time gue nebeng motornya tetapi suatu kejadian di pengkolan jalan raya ibukota itu membuat gue berpikir..

ceritanya waktu itu jalanan lagi macet banget, mobil pada ngantri, motor apalagi, pokoknya jalanan semrawut lah… pas lagi bergelut dengan kemacetan itu ada mobil barusan keluar dari kantor gede di pinggir jalan… karena jalanan macet stuck-lah si mobil di belokan..

temen gue yang bawa motor langsung mencak-mencak "aduuuh egois banget sih ni mobil…." reaksi gue cuman satu yaitu bertanya "egois kenapa sih" setelah temen gue itu dengan ‘kreatifnya’ ngunain trotoar buat jalan motornya gue baru ngeh "o…si timor item itu egois karena ngalangin jalan motor"

setelah belokan itu gak lama kita nemu belokan lagi…. keluarlah mobil lain dari belokan itu… lagi2 temen gue ngamuk dengan omongan yang sama dengan yang pertama, tapi kali ini omelannya lebih panjang "duh gue sebel deh dengan orang2 bermobil mereka tuh egois banget…." gue langsung wandering gini "mereka (orang yang bawa mobil) egois? masa sih?"

gue ngak sering bawa mobil tapi waktu bawa gue sering juga melontarkan pertanyaaan yang serupa "mereka kok egois amat sih" tapi bukan ke arah orang2 yang bawa mobil melainkan yang bawa motor… ngak sekali dua kali gue ngrasa gondok sama orang2 bermotor, mulai dari betapa ngak tertibnya mereka (sering nylonong di lampu merah), ngribetinnya (karena gak tertib tadi) dan ngak mau ngalahnya (klo serempetan mana ada motor yang mau disalahin)…

tapi setelah kejadian malam itu gue baru ngeh kalo pengendara motor ternyata berpikir sama terhadap pengendara mobil…. gue jadi wandering (lagi) kalo begini berarti semuanya tergantung dari sisi mana kita berada… kalo lagi naik motor ketemu macet kita bakal nyalahin mobil yang ngalangin jalan motor sementara kalo lagi naik mobil kita bakal nyalahin motor yang bersliweran gak tertib…

tapi apa iya harus gitu terus kalo aja di indonesia ini (minimal jakarta lah) orang-orangnya pada mau saling menghargai (dengan cara tertib lalu lintas dulu deh) mungkin masalah kaya gini gak bakal mencuat…. yang bawa mobil bakal menghargai yang make motor dan mungkin ngiri karena mereka gak perlu ngisi bensin sampe beratus2 ribu.. trus yang bawa motor juga sebaliknya, ngiri karena yang bawa mobil ngak ngrasain kehujanan dan kepanasan…

bisa ngak ya?

No comments:

Post a Comment