Search This Blog

Tuesday, October 31, 2006

Malaysia: Indonesia Modern?

Tanggal 18-20 maret kemarin resolusi pertama gue terpenuhi…. berkat kemurahan hati detiksport gue dikirim untuk meliput ke kuala lumpur menyaksikan F1 GP Malaysia… so jadilah malaysia my first time going abroad….

waktu pertama kali menjejakkan kaki di KLIA i was impressed… geez… "modern banget nih bandara," gitu komentar gue dalam hati.. modern dari segi arsitektur, modern dari sisi fasilitas, dan modern pula dari sisi playanan (maksudnya profesional)…

dari KLIA gue dan rombongan Lily Tour langsung menuju ke Sirkuit Sepang… dari bandara menuju ke sirkuit rasanya sama kaya indo… panas dan kanan kiri pemandangannya kelapa sawit (kalo di jakarta pohon bakau kali ya di pinggir soekarno hatta situ)

nyampe Sepang baru deh kesan gue-lagi-di-Malaysia berasa lagi, secara gue pernah ke Sentul, sirkuit yang satu ini jauh beda aja…. Sepang is BIG! dalam arti sebetulnya adalah LUAS, tempat parkirnya aja segede lapangan bola bo! dari tempat parkir (bus) ke wilayah sirkuit kita pun kudu jalan kira2 satu km, lumayan bikin cape, mana panasnya terik abis2an (agak membedakan dengan sentul yang masih agak rindang karena banyak pohon)….

abis jalan 1 km gue pun mendapatkan pengalaman nonton mobil2 F1 seliweran di depan mata, dengan mesin2 yang mengeluarkan bunyi yang keras, gue inget pas baru duduk gue langsung ngirim sms ke jkt yang bunyinya "u know gue duduk pas di tikungan pertama Sepang, its the best view deh!" tapi mungkin karena panasnya, dtambah gue gak bawa minum, konsentrasi jadi menurun, nonton pun jadi kurang sedap pengalaman berharga kalo nonton F1 langsung lagi bawa minum! biar gak dehidrasi ringan…. setelah nonton kualifikasi GP Malaysia gue baru dibawa menuju ke hotel tempat menginap di KL…

sepanjang perjalanan prasaan gue-lagi-di-Malaysia kerasa lagi, beda sm jkt jalan tolnya (waktu itu) lg bebas hambatan, tapi yang anehnya ada motor dalam highway! perbedaan lagi, di jalan2 mayoritas mbl yang seliweran adalah produksi dalam negeri, Proton, tuh merk mobil yang kayanya jaya banget di malaysia, dan mobil2 sedan keluaran perusahaan itu emang cantik2, gak kalah sama model keluaran toyota atau honda jadi pantes2 aja sih kalo menurut gue… masuk ke pusat kota KL gue berasa lagi ngider di SudirmanThamrin, tapi sepertinya disiplin berlalu lintas di sana lebih baik, motor lebih dikit lah dibandingin jkt, trus di sana gak ada angkot, banyakan bus gede…. kesan yang terbersit di kepala gue lgs "kayanya gue bakal suka ni sm kota ini"

oia gue nginep di hotel ancasa, ni hotel strategis punya, deket petaling street aka chinatown (which is the center of belanja murah gitu macam pasar baru), deket pula ke mall2 yang biasanya jadi pusat belanja turis2 (menurut tour guide kita yang punya nama fun) sayang meski secara lokasi strategis secara fasilitas kurang, masa gak ada LAN dan WiFI, payah! meski agak ribet kalau dah tiba pada persoalan kerjaan tapi sekali lagi gue menikmati KL, sempet ni gue ngider di chinatown pas malem2 dah mau tutupan (jam 11 waktu sana) gue berasa aman2 aja, gak kaya di jakarta yang kalo jam segitu kudu waspada, tapi agak takutnya adl buat mampir di tempat jualan sana soalnya gak tahu harga jd takut dikibulin….

hari kedua di malaysia gue mendapat kesan kalau orang malaysia itu helpful banget, jadi ceritanya gue lagi di sekitar pameran di luar sirkuit nyari colokan berkaki dua buat ng-charge baterai kamera yang udah abis (oia pelajaran lg kalo ke luar negeri biasain bw charger berkaki tiga atau bw colokan ndiri soalnya banyakan colokan berkaki tiga bo) setelah ngider lumayan kita iseng2 masuk stand jualan pernik Sepang, ternyata di situ ada bo, dan yang istimewa salah satu pekerjanya membolehkan kita numpang ng-charge di situ, yang bikin gue terkesan dia (yang gue lupa tanyain namanya) mau nerima kamera gue pdhl colokan di situ lg penuh karena ada dua baterai yang lg di charge, untung pas dia cek ternyata charge salah satunya dah selesai, jd gw bisa lgs titip di sana kamera gue selama sejam (well gue gak yakin kalau di jakarta gue berani nglakuin itu) ternyata orang2 yg kerja di Sepang ini emg best betul, gak cuma gue dan mas iwan yang terkesan, bule asal Inggris yang gue kenal di situ jg muji orang2 yang kerja di sana, "orang sini profesional bgt, tapi mereka ramah, itu yang ngebedain orang dengan tempat lain attitude," kata stuart webb.

hari terakhir di malaysia, gue lagi-lagi mendapatkan kesan positif, kali ini soal transportasinya…… jangan bandingin dengan indonesia (jakarta) deh soalny bedanya jauh buanget… kebetulan gue sempet nyoba train dan MRT/LRT yang ada di sana…. kesannya nyaman, bahkan saat berdesak2an masih terasa nyaman, bersih, jauh dari asap rokok dan pengamen, dan seger gitu karena yang naik apik2 p meski gue gak sempet nyobain bus sana, tapi dari luar keliatan kalau naik bus pun akan sama nyamannya sama train, sementara taksinya sepertinya lebih aman dibandingin taksi2 yang ada di jakarta meski secara mobil make mobil2 tua….. eniwey sangking terkesannya dengan transport di KL gue sampai ngirim sms gini ke teman yang lagi skolah di Mly, "wah, ndra (Mandra) lo pasti betah ya di sini transportasinya nyaman banget p"

eh tapi meski negeri kita boleh dibilang kalah jauh dibandingin Malaysia kita sebagai orang Indo boleh sombong karena seni kita tyt lebih gaung dibanding punya mereka sendiri…. contohnya pas lg makan mlm di petaling, tiba2 saja gue denger pengamen jalanan sana nyanyiin lagu padi! hampir gak ada bedanya sama pengemen jakarta karena mereka fasih jg…. belakangan menurut penjelasan temen chatting gue asal s’pore artis indo emang lmyn jaya di mly dan s’pore…. si zul temen gue itu sampe tau ari wibowo, nia zulkarnaen, maudy koesnaedi segala! belum lagi dia penyuka dewa, tau banget krisdayanti, dan melly goeslaw… ck…ck…. mereka emang beken apa cuman si zul aja yang ngefans artis2 indo yak hehehe

meski cuma 3 hari 2 malam gue di Malaysia, tepatnya KL, gue mendapatkan kesan positif soal negeri jiran itu… tapi kalau mo sok nasionalis sebetulnya Jakarta itu punya potensi jadi seperti Malaysia sekarang contoh kecil aja di jkt kita dah punya trans jakarta yang cukup nyaman, udah gitu sekarang jg dah dimulai proyek monorail, dan kalau soal bangunan bagus, mall bagus, kayanya gak kalah dibandingin mly, cuman attitude deh yang perlu dibenerin kpn jakarta bisa kaya KL i’ll be waiting………..

No comments:

Post a Comment