Search This Blog

Tuesday, October 31, 2006

Tour de Asean (Part II)

Habis makan pagi di alang, saat check-in dari hotel, saat tau kita akhirnya akan menuju ke singapura, my heart is bouncing! yeah! tapi sebelum nyampe ke sana, kita kudu ngalamin pengalaman terbang yang paling mengerikan seumur-umur! kalau gue cuma pernah liat turbulance (di film2) kali itu gue ngalamin! jantung rasanya mau copot waktu pesawat gak stabil dan dua kali (!) mengurangi ketinggian scr mendadak, tp gue cuman bs berdoa dan pasrah, untungnya gak ada apa2an lagi sampe akhir……

abis ngalamin ‘a near death experience’ di atas pesawat *hiperbolisdotcom* kita sampe di LCC-T dengan selamat…. kita memang mau ‘transit’ di KL dulu sebelum ke s’pore… oh ya di terminal yang diperuntukkan buat pesawat2 murah itu kita berpisah dengan anti dan swasti yang mau stay di KL selama beberapa hari, sebelumnya di hari kedua di siem riep kita jg dah pisah sama mbak arum dan andam yang pulang ke indo duluan karena kesibukan masing2….

KL yang sekarang gue datengin masih sama dengan KL yang gue datengin bulan lalu…. kecuali bandara baru yang biasa banget dibandingin KLIA, jalan tol, down town-nya masih sama, MRT dan LRT-nya juga sama, tapi karena diburu waktu gue gak bisa nostalgila krn langsung cari lokasi bus menuju s’pore (yang terminalnya tyt terletak di sebelah hotel ancasa hehehe)…

lagi2 kita harus menjalani perjalanan selama 6 jam, kali ini dari KL ke s’pore, tp karena akumulasi kelelahan kita lebih banyak ngabisin waktu dengan tidur, atau bengong gitu ngliat langit (itu gue deng)

singkat cerita, sampe lah kita di s’pore sekitar pukul 24.00 waktu setempat, karena dah malem kita langsung aja menuju penginapan yang dipesen mbak luki di lucky apartment, ah ya, saat menuju ke orchard road itu kita beruntung banget karena naik taksi yang sopirnya bijak banget (dan gue yakin waktu mudanya ganteng hahaha) so meski dia sopir taksi dia udah pernah lho ke inggris, terus berpetualang ke beberapa negara, duitnya tau dari mana dari duit yang dikumpulinnya lewat kerjaan remeh-temeh kaya ngamen gitu ckckckck terus ada satu pernyataan yang dia bilang dan terngiang2 di kepala gue adalah "asian is greedy, they have a lot of money but they always keep it for what? mendingan dipake jalan2 toh uang gak dibawa mati," katanya… hehehe canggih banget ya sopir taksi s’pore….

karena udah cape berat begitu sampe lucky apartment yang cukup nyaman itu kita langsung tidur aja, but i’m more than happy coz i finally get here……. dan gue jadi orang pertama yang bangun keesokan harinya.

kegiatan kita hari itu adalah jalan2 (sightseeing) dilanjutkan dengan night safari hohoho.. sightseeing-nya ke esplanade, merlion statue, chinatown dan orchard…. esplanade adalah versi cakepnya plangi dan balai sarbini-lah kalau di jakarta, chinatown seperti layaknya chinatown di KL (secara baru chinatown di KL saja yang pernah gue liat hehe) banyak yang jualan pernak-pernik dan makanan, gue sempet tuh bli tas lucu, tapi itu doang lah cukup, abis meski harganya lebih murah tapi tetep lebih mahal dibandingin bangkok (lagi)

sebetulnya abis dari chinatown kita mau ke little india, tapi karena mbak luki bosan naik MRT (kok bisa :p) kita mau nyobain naik bus, tapi kok malah ribet bingung, akhirnya mereka memutuskan balik ke orchard dan belanja di sana (hiks, padahal gue maunya ke queensway shopping centre yang direkomendasiin zul but sudahlah……)

well, orchard udah tau pasti dong kaya apa wilayah itu, kawasan belanja seperti senayan-lah, cuma di sana lebih rame, asli mall bertebaran dimana2, surga belanjanya para shopaholic tapi jadi neraka buat yang gak punya duit atau gak doyan blanja, di sana gue beli sepatu sale doang akhirnya, sementara barang2 lain yang ada di sana gak kebeli karena budget yang sudah tidak mencukupi.

secara yang bisa diliat, s’pore sebetulnya gak lebih menarik dibanding KL, mirip2 dengan jkt malah yang mall-nya gak cuman di orchard buanyak banget!!! gue rasa hobinya orang s’pore itu belanja dan makan, karena selain mall, buanyak banget arena jajanan di sepanjang jalan… bahkan ada tempat di wisma atria (kalau gak salah) yang namanya food republic! tapi dasar kita berempat gak ada yang doyan makan, kita gak nglakuin wisata kuliner sih, rugi ya!

tapi kelebihannya dibandingin KL dan jkt (he) adalah keteraturan, gak ada yang bisa ngalahin!do you know that this city is called ‘fine city’ karena sgala kesalahan dihukum dengan denda, banyak banget larangan buat apa2, contohnya ni no chewing gum, no skateboarding, no spiting, etc etc, sangking banyaknya peraturan gue sampe takut lho mau minum atau makan dimana2….

hal lain soal s’pore yang meninggalkan kesan buat gue adalah soal transportasinya! aaaah (sejauh ini) gak ada yang ngalahin! setelah ‘petualangan’ di negeri berkembang kaya kamboja, gue pribadi sih berasa jet lag waktu ngadepin sistem MRT s’pore yang canggih, udah gitu nyaman bgt keretanya, udah gitu nyampenya juga tepat waktu, udah gitu gampang diakses pula (karena stasiunnya tersebar di seluruh negara kota itu)….. contoh nyata enaknya transportasi di s’pore adalah waktu gue, mbak luki dan mbak ana mau ikutan night safari di singapore zoo…. rutenya naik MRT dari stasiun orchard ke choa chu kang, dari stasiun choa chu kang yang nyampur dengan terminal tinggal naik bus 927 yang langsung berhenti di pintu masuk s’pore zoo…. gampang banget kan padahal perjalanannya sampe satu jam lho, tapi gak kerasa krn info dan transportasinya mudah banget diperoleh (FYI info rute itu kita dapet dari brosur doang)

udah nyampe s’pore zoo sekarang cerita soal night safari-nya deh….pertama2 kenapa kita milih night safari kenapa gak ke sentosa island (misalnya) kalau jawaban gue karena pengen aja, secara gue udah lupa kapan terakhir kali ke ragunan dan taman safari dan kata ine-temen-kantor-gue ‘night safari’-nya taman safari asik banget, lagian kelebihan night safari di s’pore zoo adalah merekalah pioner atraksi malam ini di dunia! lumayan keren kan alasannya hehehe…. dan gak percuma juga kita datengin, pernah nonton jurassic park kan? nah konsepnya kaya gitu deh, tapi bedanya di s’pore zoo naik trem yang kebuka kanan kirinya dan yang pasti binatang yang diliat… tapi jadi berasa jalan2 betulan lho di tengah hutan, dah gitu jalanan seputarannya kan gelap gulita gitu yah! kalau kita datengnya tambah malam malah tambah seru lho, soalnya ada binatang2 tertentu yang dikeluarin hanya di atas jam 10! wah tapi kalau kita nunggu sampe jam 10 bisa gawat pulangnya — secara kita naik kendaraan umum yang dari pengumumannya sih berhenti beroperasi jam 11 — tapi night safari di jam 8 pun lumayan menyenangkan kok hehehe

hmm… what else about s’pore ya baru kali ini gue blank hehehe…. oya s’pore udah jadi tujuan wisata favorit orang indo, dan tau gak waktu ke sana gue ketemu sapa…. fadly padi! penyanyi yang jaman kuliah gue gila2in abis! udah gitu tak kusangka tak kuduga ternyata istrinya fadly itu temen kuliahnya mbak luki! gila ya! jadi yang ada mereka berdua nostalgia, gue dan fadly cuma berjarak beberapa cm doang, tapi seperti biasa kalau ketemu idola i’m like speachless, gak bisa ngomong apapun, bahkan untuk minta foto bareng aja gue gak berani, haduuu….payah! kebetulannya gak cuma itu doang, ternyata mereka juga nginep di lucky apartment, dan (di airport hang nadim, batam, baru ketauan) fadly juga naik ferry dari s’pore ke batam! what a coincident!

di s’pore secara teknis kita stay 3 hari 2 malam, tapi karena yang dua hari cuma setengah hari, yah berasa gue-ada-di-spore cuma satu hari  aja. faktor itu, ditambah gue gak sempat ngasihin vcd ‘aadc’ ke zul karena waktu kita gak sinkron, ditambah lagi karena liburan akan berakhir membuat gue sedih setengah mati….. hiks!

akhirnya setelah ngabisin setengah hari untuk jalan2 (lagi) di orchard, jam 12 tanggal 19 april kita menuju ke harbour front centre (hfc) untuk bertolak ke batam, hfc yang keren banget gak kaya pelabuhan itu jadi our last destination.

After that, I’m going home…..