Search This Blog

Wednesday, October 17, 2007

Silaturahmi dan Idul Fitri

Ada banyak banget hal yang gue sukai saat menjelang Idul Fitri. Selain ibadah-ibadah kayak puasa wajib dan shalat tarawih, yang juga kerasa asyiknya adalah silaturahmi dengan orang-orang.

Kedengaran sepele sih, tapi buat banyak orang pastilah Ramadhan jadi bulan silaturahmi dengan keluarga dan temans yang paling mantap.

Momen silaturahmi yang umum adalah buka puasa bersama. Buat gue, momen tersebut jadi momen paling sempurna buat menjalin hubungan yang terputus karena kesibukan masing-masing. Buka puasa bareng juga bisa menjadi momen untuk mempererat silaturahmi yang udah terjalin baik selama ini. Dengan buka puasa bareng gue jadi kabar terbaru si A, rencana si B, sampe gosip tentang si C  

Istimewanya, ketika momen buka puasa bareng nggak sukses mempertemukan gue dengan orang-orang tersayang, Idul Fitri tetap punya cara untuk menjalin silaturahmi yang terputus. Caranya? Ya, lewat SMS.

Gue lupa dari kapan ya SMS jadi moda komunikasi yang paling gue (dan mungkin jutaan orang) senangi menjelang Idul Fitri. Padahal, dulu, andalan gue adalah kartu lebaran. Tapi sekarang kirim kartu lewat pos udah nggak praktis, kirim e-cards (kartu lebaran elektronik) juga sama – walau masih gue pake juga buat ngirim ucapan selamat ke temans yang tidak terjangkau lewat SMS atau temans/relasi yang nggak deket.

Anyway, back to SMS. Ada yang suka perhatiin nggak ada pengirim SMS yang suka menyertakan namanya di akhir ucapan Selamat Idul Fitri? Memang nggak semua orang begitu (mungkin karena yang dikirimi hanya yang dikenal aja), tapi ada banget temans yang ngirim SMS lebaran pake embel-embel, nggak cuma “gue”, tapi “gue dan dia” atau “gue, istri atau suami dan anak”.

Dan dari situlah gue tahu kabar terbaru teman-teman tersayang. Misalnya, gue jadi tahu nama putri kecilnya Adit (Rana), cewek terbarunya Ogie (Aline), calon istrinya Allpins (Tiny) sampe pangkat suaminya Alin (Letnan Satu Hendra). Idul Fitri memang momen paling menyenangkan sepanjang tahun.

So, biar telat, gue mau ngucapin selamat Idul Fitri 1428 H buat semuanya. Semoga ibadah di bulan Ramadhan bisa mengantarkan kita kembali ke fitrah. Dan semoga tahun depan masih ketemu Idul Fitri lagi. Amin

No comments:

Post a Comment